Minggu, 01 Juli 2012

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Berlian

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Berlian merupakan salah satu aksesori mewah yang banyak diminati oleh wanita. Selain sebagai simbol kemewahan, berlian juga merupakan simbol keanggunan, keindahan dan cinta. Tak heran jika berlian sangat didambakan para wanita.

Jika berniat untuk membeli berlian, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Harga berlian yang ditawarkan luar biasa mahal membuat Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya. Seperti dikutip How To Do Things, berikut pedoman yang akan membantu Anda untuk membeli berlian.

1. Tahu Segala Sesuatu Tentang Berlian
Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli berlian adalah mengetahui terlebih dahulu segala sesuatu tentang berlian tersebut. Anda harus mengambil waktu untuk mengevaluasi dan mempelajari berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli berlian. Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang berlian, cobalah mengunjungi toko perhiasan dan meminta penjelasan penjaga toko tentang hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang berlian. Sebelumnya wolipop pun sudah menulis mengenai 4C yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Berlian dan Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli Berlian.

2. Perhatikan Berat Karat, Warna dan Sertifikat
Ketika ingin membeli berlian, perhatikan potongan berlian tersebut, berat karat, warna, kejernihan dan sertifikatnya. Nilai berlian akan tergantung pada potongan berlian itu sendiri. Kejernihan pada berlian juga merupakan pertimbangan penting ketika ingin membeli berlian. Sebuah berlian yang mewah harus jelas detailnya. Pastikan Anda juga memeriksa kelemahan berlian tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk membeli berlian tak berwarna. Selain natural dan klasik, kebanyakan orang menginginkan berlian tak berwarna. Hal yang utama lainnya untuk memutuskan membeli berlian yaitu berat atau karatnya.

Sertifikat berlian juga penting untuk diperhatikan karena sertifikat merupakan analisis lengkap dari berlian itu sendiri. Pastikan berlian yang ingin Anda beli memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA) untuk membuktikan keasliannya. GIA merupakan badan sertifikasi non-profit sehingga penilaian yang diberikan sangat objektif.

3. Carilah Berlian di Toko yang Tepat
Pastikan Anda mengetahui apakah toko berlian yang dikunjungi bergabung dengan industri toko emas atau asosiasi-asosiasi profesional yang terkait dengan barang-barang perhiasan. Toko berlian yang tepat dan bisa diandalkan, akan menjelaskan secara detail mengenai potongan berlian, berat karat, sertifikat dan sebagainya. Si penjual juga dapat membantu untuk membandingkan harga-harga berlian sebelum Anda membelinya.

4. Periksa Laporan Rapaport Diamond
Sebelum memutuskan untuk membeli berlian, sebaiknya Anda memeriksa laporan Rapaport Diamond terlebih dahulu. Laporan ini merupakan sumber utama harga berlian dan informasi pasar yang berbeda tentang industri berlian. Laporan ini juga akan membantu Anda membandingkan harga dan mengetahui informasi penting tentang update terbaru di industri berlian.

5. Membeli bersama Orang terpercaya
Cara terbaik untuk membeli berlian yaitu datang ke toko berlian dengan membawa teman atau orang terpercaya yang tahu dan mengerti tentang berlian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar